11 September 2009

Tips Mudik Aman dan Cepat dengan Pesawat

Bagi anda yang memiliki kampung halaman nun jauh disana, jika anda berencana pulang mudik, pilihan terbaik adalah menggunakan pesawat terbang. Berikut beberapa Tip agar aman dan cepat mudik dengan menggunakan pesawat terbang :

1. Pilih rute penerbangan dengan penerbangan langsung

Rute dengan jumlah transit yang banyak dapat membuang waktu perjalanan lebih lama, jadi pilihlah pesawat dengan penerbangan langsung ke kota tujuan.

2. Pilihlah Pesawat yang berbadan besar

Pesawat terbang dengan kapasitas penumpangnya di bawah 30 orang,biasanya tidak melewati proses sertifikasi yang ketat (nggak cukup biaya kali...). Berbeda dengan pesawat berbadan lebar, pesawat jenis ini harus melalui proses sertifikasi yang ketat sehingga memiliki jaminan keamanan lebih baik.

3. Perhatikan letak Pintu Darurat

Orang-orang yang sering bepergian seringkali enggan memperhatikan instruksi preflight karena menganggapnya sebagai berita ulangan (justru lebih sering memperhatikan pramugarinya ...). Padahal informasi tersebut penting mengingat pintu darurat dapat membantu anda keluar ketika pesawat terpaksa mendarat (jadi bukannya pintu WC atau pintu dapur yang perlu dicari ...)

4. Duduk dengan Sabuk Pengaman selalu terikat

Walaupun tanda untuk mengenakan sabuk pengaman telah mati, tetaplah duduk di tempat dan gunakan sabuk pengaman anda (asal jangan lupa melepaskannya saat mau turun dari pesawat), karena cuaca sering berubah-rubah dan kadang-kadang ada guncangan tidak terduga, sehingga dengan sabuk pengaman diri kita tetap aman.

5. Hindari Membaca barang Terlarang

Jangan membawa barang yang dilarang masuk ke kabin, misalnya, benda yang mengadung gas dan benda tajam serta bau yang menyengat (durian misalnya ...aduh keterlaluan ni ...). Jika terpaksa juga dibawa, maka pisahkan barang tersebut, lalu simpan di bagasi.

6. Hindari Minum Alkohol

Karena jika anda sampai mabuk, maka anda akan kehilangan kendali, kondisi ini membahayakan anda dan orang lain (bisa-bisa anda dicampakkan dari pesawat ...kan gawat tuh..)

7. Tetap menjaga kesadaran

Apabila pesawat terpaksa mendarat, awak pesawat akan melakukan evakuasi. Misalnya saja melalui pintu darurat. Untuk itu, diperlukan kesadaran yang tinggi (termasuk kesadaran berbangsa dan bertanah air...sekalian) untuk membuat keputusan dan mengikuti arahan kru peswat.

Demikian dan semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Silakan Tinggalkan Komentar Anda

 

Download Templates