07 March 2010

Ciri Pikun dan makanan untuk Mengatasinya


Tips Online, Pikun adalah penyakit bagi yang berusia lanjut, bisa terjadi jika usia kita sudah lanjut atau pada orang tua atau kakek dan nenek kita, jika ciri-ciri di bawah ini muncul pada diri kita, berarti kita sudah mulai pikun, berikut ciri-ciri nya :
  1. Pikun sekejap, dimana penderita seringkali lupa dalam mengingat sesuatu hal, sesudahnya tidak dapat mengingatnya lagi. Sering menanyai berulang-ulang pertanyaan yang sama itu ciri utamanya.
  2. Melakukan lalu melupakan, dimana penderita bisa lupa telah membawa sesuatu.
  3. Kalimat tidak memuat apa yang hendak dikatakan, dimana barangkali kalimat sepelepun bisa dilupakan penderita, atau tidak sanggup menggunakan kalimat atau ungkapan yang pas untuk disampaikan.
  4. Konsepsi waktu dan lokasi kacau, dimana penderita kemungkinan tersesat di jalanan lingkungan rumah.
  5. Daya estimasinya menurun, penderita ada kemungkinan sama sekali lupa anak-anak yang sedang diasuhnya, mudah di tipu orang.
  6. Kemampuan berpikir abstrak hilang, penderita seringkali lupa kode nomor yang dirancangnya sendiri.
  7. Sembarang meletakkan barang, sering meletakkan barang tidak pas pada tempatnya.
  8. Sifat dan kelakuan berubah tidak menentu, di dalam kurun waktu pendek, kelakuan dan emosi barangkali kondisi tenang berubah menjadi berlinang air mata.
  9. Perubahan karakter, karakter si penderita mungkin bisa berubah menjadi drastis yang tidak masuk akal, seperti takut setan, mencurigai orang lain.
  10. Kehilangan daya inisiatif, sering berubah menjadi malas dibandingkan sebelumnya.
Menurut para peneliti dari Universitas Oxford di Inggris, Vitamin B12 dikatakan dapat melindungi otak agar tetap gembung, tidak menyusut, dan volumenya tetap utuh. Penelitian ini memberitahu bahwa konsumsi tambahan Vitamin B12 dengan makan ikan, daging, sereal yang dinortifikasi atau susu mungkin dapat mencegah kemunduran daya ingat dan melindungi memori kita.


20 comments:

Rock said...

Vitamin B12. Makasih untuk tipsnya kawand...

aktifis sandal jepit said...

saat ini saya sering lupa.temen2 bilang saya kebanyakan brutu.wah...
jangan..jangan...,berlanjut ke pikun nich..

Robet said...

waduuh.. ane jg udh mulai pikun lg gan,, padahal msh muda. hehe.. slain vitamin B12, ada lg g cara yg bs mengatasi kepikunan?

btw, nice info gan

Konsultan Blog | Dokter Blog said...

Aku juga udah pikun ni gan

Tips Online said...

Trim's Komennya teman-teman ...biar nggak pikun kita saling komen...wkwkwk..

tomo said...

Banyak juga ya ciri2 oikun itu.trims kawan

sms cinta romantis said...

makasih sob infonya n tips nya

fauzan upz said...

sayang ya.. saya tidak terlalu suka ikan,, padahal terkadang saya sering lupa juga loo..
makasih ya infnya.. ditunggu yang berikutnya

merawat dan memperbaiki komputer said...

ohh,jadi vitamin b12 yg bagus buat mencegah pikun...

info dalam kubus said...

dari ciri2nya kok malah menakutkan ya mas...
jangan-jangan saya gejala pikun ya..
semoga gak ya sob..

attayaya said...

waduh jangan mpe pikun muda deh
konsumsi vitamin deh

T. Wahyudi said...

ini yang saya cari mas.... soalnya saya mudah pikun.... :D

AISHALIFE-LINE said...

Wah,tips penting bro.Thanks ya sharingnya...

Rock said...

Selamat pagi kawand...

attayaya said...

untung aku ga pikun
sehingga bisa selalu hadir disini

NURA said...

salam sobat
trims kunjungannya
salam kenal juga.

Agus Siswoyo said...

Jika beragama Islam, dianjurkan sering membaca Al-Quran untuk mengatasi pikun.

Tips Online said...

Terima kasih komen dan masukannya teman-teman ....

Anonymous said...

dimana kita bisa dapat vit b12?apakah di apotek2 dijual bebas?

Anonymous said...

aku benget nich...

Post a Comment

Silakan Tinggalkan Komentar Anda

 

Download Templates