19 September 2009

Tips Kesehatan melalui Puasa


Berpuasa di bulan Ramadhan segera berakhir. Namun, demi kesehatan dan terutama juga sesuai sunah Nabi Muhammad SAW sangat dianjurkan untuk melanjutkan ritual puasa pasca Ramadhan.

Memang sejak zaman dulu puasa dipakai sebagai pengobatan yang terbaik. Seperti yang diutarakan filsuf Yunani, Plato. Menurutnya, puasa adalah obat terbaik untuk mengobati sakit fisik dan mental. Puasa sudah diakui menjad penyembuh terhebat dalam menanggulangi penyakit. Bahkan di Amerika Serikat ada pusat puasa yang diberi nama "Fasting Centre International, Inc". Terapi yang digunakan sederhana saja, yakni puasa dengan rutin, dan disiplin. Puasa, dilembaga ini diwajibkan untuk program penurunan berat badan, mengeluarkan racun tubuh, memperbaiki energi (kesehatan mental), kesehatan fisik dan paling terpenting meningkatkan kualitas hidup.

Ahli Nutrisi dari AS, Allan Cott, M.D, telah menghimpun hasil pengamatan dan penelitian para ilmuwan berbagai negara, dan merangkumnya dalam sebuah buku berjudul "Why Fast". Dibuku tebal tersebut, dipaparkan berbagai manfaat puasa berdasarkan penelitian empirik. Menurutnya, orang yang berpuasa seminggu dua kali secara rutin akan merasa lebih baik secara fisik dan mental, dan juga merasa lebih muda. Selain itu, juga akan membersihkan badan dari racun, menurunkan tekanan darah, kadar gula, kadar lemak dan kolesterol, lebih mampu mengendalikan seks, mengendorkan ketegangan jiwa, menajamkan fungsi indrawi, dan memperlambat proses penuaan.
Dan bagi anda yang mengidamkan gaya hidup sehat, melakukan puasa rutin seminggu dua kali Senin - Kamis, rasanya menjadi pilihan yang sangat tepat.

0 comments:

Post a Comment

Silakan Tinggalkan Komentar Anda

 

Download Templates